Mengenal Common Room Sebagai Wadah Insan Kreatif di Bandung

Common Room

Common Room | Foto : www.wego.co.id

Common Room adalah wadah dari beragam aktivitas yang digalang oleh Bandung Center for New Media Arts. Siapa pun tahu bahwa Bandung adalah gudangnya kreatifitas, bahkan bisa juga dikatakan sebagai surga kreatifitas. Hal itu sangat wajar, mengingat segala bentuk kreatifitas, mulai dari seni, hiburan, gaya hidup dan sebagainya bisa ditemui di Kota yang terkenal sebagai Parahyangan ini.

Kreatifitas tersebut, tentunya tak dilepaskan dari ide-ide segar yang sama sekali unik. Untuk mewadahi beragam karya yang tercipta dari pengolahan ide-ide segar itulah, Common Room didirikan. Dengan kata lain, wadah ini adalah wadah yang memberikan fasiitas para insan kreatif di bandung untuk mempublikasikan karyanya.

Yang menarik, berbagai kegiatan yang sudah dilakukan, umumnya tak dipungut biaya alias gratis. Bukan hanya itu, pengunjung yang ingin berpartisipasi menyaksikan kegiatan atau penampilan pun sama sekali tak dipungut biaya.

Mengenal Common Room Sebagai Wadah Insan Kreatif di Bandung

Bentuk kegiatan

Kegiatan Common Room

Kegiatan Common Room | Foto : commonroom.info

Karena mengedepankan kreatifitas, maka semua bentuk kegiatan yang disajikan haruslah kreatif. Kreatif tentu saja bisa dilihat dari keunikan. Dengan kata lain, jenis kegiatan mungkin saja bisa sama, namun cara penyajiannya harus berbeda.

Sejak didirikannya pada tahun 2003, aktivitas dan pengembangan seni tetap menjadi fokus dalam kegiatannya. Seni memang tak lepas dari kebudayaan dan pengetahuan, karenanya tak jarang juga diselenggaarkan kegiatan-kegiatan yang berbau budaya mulai dari diskusi ingga workshop. Seni, budaya dan pengetahuan pun tak akan lepas dari sesuatu yang disebut karya sebagai perwujudannya. Karenanya, seringkali juga ditemui beragam kegiatan yang berhubungan dengan lounching album, lounching buku, pemutaran film hingga kuliah umum.

Pengetahuan adalah perangkat ilmu yang digunakan dalam kehidupan. Uniknya, beragam kegiatan yang dilakukan pun tak lepas dari disiplin ilmu. Anggota yang pada dasarnya memiliki disiplin ilmu yang berbeda, menuangkan, menggabungkan dan mengelaborasikan disiplin ilmu yang dimiliknya. Dengan demikian, bentuk kegiatan yang dilakukan akan memiliki kekayaan pengetahuan. Semisal, pemutaran film yang bisa dibedah atau dibahas secara lintas disiplin. Atau perpaduan musik antara musik modern dengan musik tradisional. Semua yang ada itu, tak lain merupakan wujud dari kreatifitas ide dan pemikiran warga Bandung.

Atas semua bentuk kegiatan yang telah dilakukan, wajar jika Common Room ini masuk dalam wadah yang sangat diperhitungkan dalam komunitas-komunitas kreatif, bukan hanya di Bandung, tetapi juga di luar Bandung. Bahkan tak jarang juga, ada penampilan dari musisi dan seniman luar negeri, yang secara tak langsung menunjukkan keluasan jaringan yang dimilikinya.

Add Comment