Cikeruh Bandung, Kawasan Pengrajin Senapan Angin Berkualitas

Pengrajin Senapan Angin

Pengrajin Senapan Angin | Foto : www.inilahkoran.com

Banyak industri rumahan di Bandung yang menghasilkan barang yang berkualitas. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah Cikeruh, kawasan pengrajin senapan angin berkualitas. Di kawasan ini ada sekitar 80 pengrajin senapan yang sudah tumbuh dan berkembang sejak tahun 1970-an. Mereka menghasilkan senapan angin yang tidak kalah dengan yang dibuat industri besar.

Cikeruh Bandung, Kawasan Pengrajin Senapan Angin Berkualitas

Industri senapan angin di Cikeruh sudah berjalan turun temurun. Saat ini, banyak industri di tempat itu merupakan generasi ketiga pembuat senapan angin. Keahlian membuat senapan angin biasanya dialihkan secara turun temurun. Keahlian ini sudah dikuasai bahkan sejak Indonesia belum merdeka. Banyak pengrajin di tempat ini yang ikut merakit senapan mesin sehingga bisa dipakai pejuang Indonesia.

Beberapa pengrajin di tempat ini juga bekas pegawai di PT Pindad. Banyak pegawai ini yang memilih untuk berwiraswasta setelah Pindad dimiliterisasi. Beberapa senapan mesin rakitan dari tempat ini bahkan sempat dipakai kelompok pemberontak, S.M. Kartosuwiryo. Setelah kelompok ini diberangus pemerintah, izin pembuatan senapan mesin di tempat ini yang dicabut.

Pengrajin lalu mengalihkan keahliannya dengan membuat senapan angin. Senapan ini memiliki ukuran laras yang lebih kecil. Senapan angin juga masih bisa dipasarkan dengan bebas di Indonesia. Usaha membuat senapan angin sudah mulai berkembang di Cikeruh sejak tahun 1982. Model yang dipakai untuk membuat senapan angin di tempat ini diambil dan dimodifikasi dari model-model terkenal yang ada di pasaran.

Adanya kawasan pengrajin senapan angin berkualitas di Cikeruh juga menciptakan lapangan kerja. Bahkan banyak pekerja yang sudah bisa membuat senapan angin, memilih untuk membuat industri senapan angin sendiri. Hal ini membuat industri senapan angin makin menjamur dan berkembang di Cikeruh. Saat ini sudah ada sekitar 80 unis usaha pembuatan dan bengkel senapan angin di Cikeruh. Banyaknya unit usaha ini membuat banyak orang juga bekerja di dalamnya. Adanya industri ini sudah menyerap tenaga kerja hingga ratusan orang.

Senapan angin yang diproduksi di Cikeruh biasanya disalurkan ke berbagai toko sampai di luar Bandung, seperti di Jakarta dan Surabaya. Senapan angin yang diproduksi di Cikeruh ada tiga macam, yaitu jenis per, PCP, dan pompa. Senapan per biasanya dibuat dan digunakan dengan lebih praktis. Dalam dua minggu, satu unit usaha bisa membuat 10 unit senapan angin. Sedangkan untuk jenis pompa bisa dibuat 10 unit dalam lima minggu. Untuk PCP, biasanya dibuat satu unit saja selama dua minggu. Senapan angin biasanya dibuat dengan bahan baku besi dan kayu mahoni.

Senapan yang dibuat di kawasan pengrajin senapan angin berkualitas dijual dengan harga bervariasi. Untuk senapan biasa bisa dijual dengan harga Rp 200 ribu dan sampai Rp 6,5 juta untuk jenis PCP. Senapan jenis PCP memang dibuat dengan lebih detail, berhati-hati, dengan bahan yang berkualitas. Senapan ini walau mahal, banyak diminati karena lebih berkualitas dan bisa melontarkan tembakan beberapa kali dalam satu simpanan angin.

One Response

  1. Anonymous July 14, 2016

Leave a Reply