Berkendara Motor Gede Seru Bersama Komunitas Biker Brotherhood

Biker Brotherhood

Biker Brotherhood | Foto : www.flickr.com

Bandung terkenal dengan gerombolan geng motor. Namun biker Brotherhood bukanlah salah satunya. Brotherhood merupakan salah satu klub motor asal Bandung yang memiliki sejarah yang panjang. Broterhood berdiri pada tanggal 13 Juli 1988. Komunitas ini asalnya merupakan kumpulan para penggemar motor tua, De Motor’87. Penggemar motor ini kerap berkumpul di Panti Karya, Jalan Merdeka. Setelah melewati lebih dari dua dekade, klub motor ini akhirnya menyebarkan eksistensinya ke seluruh Indonesia, bahkan hingga negara tetangga.

Berkendara Motor Geder Seru Bersama Komunitas Biker Brotherhood

Anggota klub motor ini memang memiliki atribut khas biker penggila motor. Jaket kulit, motor tua, celana jeans merupakan beberapa atribut yang kerap dijumpai dari anggota Brotherhood. Tidak hanya cuma bergaya, klub motor ini akhirnya berkembang menjadi komunitas persaudaraan erat yang peduli dengan isu sosial. Hal ini dirasakan oleh Broterhood setelah sering melakukan turing keliling Indonesia.

Mereka melihat banyak lapisan masyarakat yang termarjinalkan dan tidak tersentuh perhatian pemerintah. Untuk menyikapi hal ini, banyak aturan dalam turing yang mengharuskan Brotherhood tidak terlena dalam kemapanan. Salah satu kebiasaan yang dilakukan anggota Brotherhood adalah dengan tidak menginap di hotel saat melakukan turing. Mereka biasa menginap di pinggir jalan atau “hotel pertamina”.

Selain itu, mereka juga berusaha untuk membersihkan citra klub motor. Adanya geng motor yang berperilaku ugal-ugalan bahkan kriminal jelas meresahkan dan membuat citra negatif bagi biker motor. Karena itu kekerasan dan perilaku ugal-ugalan merupakan suatu hal yang sangat ditabukan bagi para anggota Brotherhood.

Biker Brotherhood berusaha menjadi komunitas yang tidak hanya berkendara. Ikatan persaudaraan merupakan salah satu tujuan dari keanggotaan Brotherhood. Ada beberapa ritual khusus yang perlu dilakukan oleh calon anggota. Memang tidak ada sistem perekrutan khusus dalam Brotherhood. Ada kelompok pengawas dalam Brotherhood yang bernama Vigilante. Vigilante akan mengawasi dan menentukan calon anggota.

Tahap awal bagi calon anggota dalah prospect. Tidak ada kewajiban anggota untuk harus mempunyai motor atau tidak dalam tahap ini. Mereka diharuskan loyal kepada organisasi dan segala aturannya. Salah satu atribut yang disandang saat tahap ini adalah jaket jins dengan tulisan prospect di bagian pundak. Masa tahap ini bisa bervariasi tergantung sikap calon anggota ini. Saat sudah lulus, maka mereka akan menjadi virgin member. Mereka dihimbau sudah memiliki motor. Biasanya mereka berada di tahap ini selama sembilan bulan, sesuai dengan masa kandungan. Mereka wajib mengikuti event wajib yang ditentukan Brotherhood.

Setelah lulus dari tahap ini, mereka akan  menjadi Life Member. Saat ini mereka sudah benar-benar menjadi anggota Brotherhood. Mereka harus tetap menjaga loyalitas dan mematuhi aturan yang ditentukan. Mereka yang yang sudah melewati masa ini lebih dari lima tahun mendapat atribut wing angel, 10 tahun dengan wing heaven dan 15 tahuh mendapatkan wing hell. Semua atribut ini memang penting, namun ikatan persaudaraan tetap yang paling utama dalam klub motor ini.

Itulah sekilas pembahasan mengenai biker Brotherhood, semoga bermanfaat.

Leave a Reply