Bertualang di Angkasa bersama Bandung Gantole Hang Glidding Club

Bandung Gantole Hang Glidding Club

Bandung Gantole Hang Glidding Club | Foto : haicorp.wordpress.com

Gantole atau olahraga layang gantung merupakan salah satu olahraga yang masih jarang memiliki penggemar. Olahraga udara ini memang cukup eksklusif karena mahalnya peralatan dan tempat yang menyediakan fasilitasnya. Namun hal ini tidak menyurutkan eksistensi komunitas Bandung Gantole Hang Glidding Club. Komunitas ini berusaha untuk mempertahankan dan mengembangkan olahraga udara ini di Bandung dan Indonesia umumnya.

Bertualang di Angkasa bersama Bandung Gantole Hang Glidding Club

Komunitas Gantole yang berdomisili di Bandung ini memang tidak memiliki anggota yang melimpah. Komunitas ini hanya memiliki anggota sekitar 20 orang di Bandung, dan total 40 orang di seluruh Indonesia. Anggota asal Bandung memang mendominasi klub ini. Olahraga ini memang masih jarang dijumpai di Indonesia. Olahraga gantole masuk ke Bandung pada tahun 1970-an. Olahraga yang biasa disebut dengan hang glidding ini pada waktu itu banyak dipaktikkan oleh mahasiswa ITB. Gantole Bandung Hang Glidding berdiri pada tahun 1978 dan merupakan klub gantole pertama di Indonesia. Salah satu pelopor berdirinya klub ini adalah Achmad Kalla, adik dari Jusuf Kalla.

Tidak heran jika kata gantole yang dipilih untuk menyebut olahraga hang glidding. Gantole merupakan kata yang diambil dari bahasa Bugis yang artinya adalah capung. Pada awal berdirinya, ada sebelas orang yang menjadi anggota dari Bandung Gantole Hang Glidding Club. Untuk belajar olahraga ini, klub tidak langsung membeli pesawat. Seorang kenalan atlet gantole akan membawa pesawat dan kemudian ditiru. Pesawat ini akan dijahit dengan menggunakan mesin jahit biasa.

Pada era 1980-an, ada sekitar 500 orang yang menginginkan menjadi anggota Gantole Bandung Hang Glidding. Dengan alasan tidak mungkin menampung anggota begitu banyak, maka ada tes masuk ke dalam klub ini. Hal ini membuat Gantole Bandung Hang Glidding menjadi lebih ekslkusif. Namun tidak perlu menggunakan pengetatan, anggota klub ini menurun dengan sendirinya. Pada tahun 1990-an sampai sekarang, jumlah anggota Gantole Bandung Hang Glidding mengalami penurunan. Penurunan jumlah anggota ini membuat olahraga gantole menjadi sulit untuk berkembang.

Klub ini selalu berusaha mengembangkan olahraga gantole, salah satunya dengan merangkul anak muda. Olahraga ini memang sudah cukup diakui di Indonesia. Gantole sudah dilombankan di kejuaraan nasional seperti Pekan Olahraga Nasional. Karena itu, tugas Bandung Gantole Hang Glidding Club juga bertambah untuk mendampingi para atlet muda. Jika kita berminat untuk menjadi anggota atau sekedar mencari informasi tentang klub ini bisa datang ke Jalan Lombok No. 9-S atau menghubungi nomor telepon 022-4232521.

Leave a Reply