Wisata Bandung Rafting yang Menguji Adrenalin

Wisata Bandung Rafting

Wisata Bandung Rafting | Foto : www.sobatpetualang.com

Wisata Bandung rafting atau arung jeram sangat cocok bagi mereka yang suka petualangan mendebarkan. Letak keasyikannya tentu saja bisa mengarungi sungai-sungai berarus deras sambil terus menjaga keseimbangan rafting boat. Ditambah dengan keindahan alam di sekitar sungai, wisata arung jeram pasti jadi momen tak terlupakan.

Di Bandung, wisata arung jeram yang paling populer berada di Pangalengan, Bandung Selatan. Setidaknya ada dua sungai yang kerap digunakan sebagai lokasi rafting, yaitu Sungai Palayangan dan Sungai Cisangkuy. Berikut ulasan singkat mengenai 2 sungai tersebut.

Wisata Bandung Rafting yang Menguji Adrenalin

Arung Jeram di Sungai Palayangan

Arung Jeram di Sungai Palayangan

Arung Jeram di Sungai Palayangan | Foto : chakrawala.webs.com

Sungai ini memilki arus air yang cukup deras dengan tingkat kesulitan medan yang cukup tinggi, cocok sekali bagi seluruh pencinta arung jeram. Lebar sungainya sekitar 5-10 meter dengan kedalaman 2-2,5 meter. Sungai ini juga memiliki cukup banyak belokan tajam yang tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan yang ingin rafting di sini. Selain itu, dinginnya air serta pemandangan serba hijau di sepanjang sungai pasti akan semakin menambah kenikmatan berarung jeram.

Di sini ada beberapa jeram yang masing-masing memiliki nama, misalnya jeram blender dan jeram domba. Menurut kebanyakan orang, jeram blender adalah yang tersulit di Palayangan karena memiliki drop setinggi 2 meter. Bila tak hati-hati, sering terjadi kecelakaan kecil karena tak mampu mengendalikan perahu. Walau begitu, kesulitan inilah yang membuat banyak orang semakin berambisi untuk menaklukan Palayangan beserta jeram blendernya.

Arung Jeram di Sungai Cisangkuy

Arung Jeram di Sungai Cisangkuy

Arung Jeram di Sungai Cisangkuy | Foto : www.jejenkoutboundprovider.com

Wisata Bandung rafting selanjutnya ada di Sungai Cisangkuy. Secara keseluruhan, medan sungaiĀ  hampir sama seperti di Sungai Palayangan, sulit tapi menantang. Di sekitar sungai juga terdapat pesona alam berupa pepohonan rindang serta tebing-tebing bebatuan yang membuat kegiatan rafting jadi lebih menyenangkan. Walau begitu rupanya Sungai Cisangkuy masih kalah populer bila dibandingkan dengan Sungai Palayangan.

Sungai Cisangkuy sendiri memiliki lebar sekitar 20 meter, namun sayangnya air sungai ini masih tergantung pada musim penghujan. Saat musim hujan tiba, debit air naik, dan hanya di saat-saat seperti inilah arung jeram lebih mudah dilakukan. Sama seperti di Palayangan, Cisangkuy memiliki berbagai jeram yang menantang. Ketinggian drop-nya pun bervariasi, sekitar 1-2 meter. Para pengunjung pun tidak perlu takut melakukan arung jeram di sini, karena kita akan selalu dipandu oleh instruktur yang sudah berpengalaman.

Demikian informasi mengenai wisata Bandung rafting yang ada di Pangalengan. Siapkan fisik serta mental Anda dan selamat berarung jeram.

Leave a Reply