Mau Keliling Bandung? Yuk Kenali Dulu Stasiun Di Bandung!

Stasiun Bandung

Stasiun Bandung | Foto : vivi-tv.com

Beberapa stasiun di Bandung, sebaiknya diketahui. Bukan saja karena jumlah stasiun yang banyak di Bandung, juga untuk menentukan moda transportasi selanjutnya yang dipergunakan. Tahu stasiun juga akan mempermudah saat ingin berkeliling bandung.

Mau Keliling Bandung? Yuk Kenali Dulu Stasiun Di Bandung!

Stasiun di Bandung

Bandung memang sudah lebih dulu maju dibandingkan kota lain di Indonesia. Penyebabnya beragam dan mungkin salah satunya adalah kecintaan Belanda dengan kota ini. Cinta mengakibatkan, belanda membangun infrstruktur di kota kembang. Bukan hanya infrastruktur, bangunan-bangunan belanda juga banyak berdiri. Salah satu infrastruktur yang cukup menguntungkan adalah adanya rel kereta api, sekaligus armada kereta apinya. Transportasi jarak jauh jadi mudah dan tentunya murah.

Adanya kereta api di Bandung dapat ditunjukkan dengan monumen kereta api yang ada di stasiun bandung. Hal ini membuktikan Bandung memang dekat dengan kereta api. Selain adanya monuman jumlah stasiun yang mencapai 24, juga menjadi fakta kereta api adalah salah moda transportasi pilihan orang Bandung. Beberapa stasiun di bandung yaitu:

1. Dari barat ke timur

Stasiun Padalarang, Stasiun Gadobangkong, Stasiun Cimahi, Stasiun Cimindi, Stasiun Andir, Stasiun Ciroyom, Stasiun (Hall) Bandung, Stasiun Cikudapateuh, Stasiun Kiaracondong, Stasiun Gedebage, Stasiun Cimekar, Stasiun Rancaekek, Stasiun Haurpugur, Stasiun Cicalengka, Stasiun Nagreg, dan Stasiun Lebakjero.

2. Sebelum padalarang ada dua jalur rel yaitu:

Bandung-Cianjur-(Sukabumi)-(Bogor)-(Jakarta) dan jalur rel Bandung-Purwakarta-Karawang-Bekasi-Jakarta. Pada jalur rel Bandung-Cianjur (dari timur ke barat) terdapat Stasiun Tagogapu,Stasiun Cipatat, dan Stasiun Rajamandala. Sementara pada jalur rel Bandung-Jakarta (dari timur ke barat) terdapat Stasiun Cilame, Stasiun Sasaksaat, Stasiun Maswati, Stasiun Rendeh, dan Stasiun Cikadongdong.

3. Stasiun Lebakjero dan Leles, merupakan perbatasan Bandung dengan Garut.

4. Stasiun Cikadongdong dan Stasiun Cisomang, merupakan perbatasan antara Bandung barat dan purwakarta.

5. Stasiun Rajamandala dan Stasiun Ciranjang, adalah perbatasan antara Bandung Barat dan Cianjur.

Ternyata bandung dapat dicapai dari mana saja dengan menggunakan kereta api. Maka tidak heran jika lebih banyak orang senang menggunakan kereta api dibandingkan menggunakan alat transportasi yang lain. Selain harganya yang murah, kenyamanan juga ditawarkan oleh kereta api. Saat semua kendaraan terjebak macet di Bandung, kereta api bisa tetap melenggang mengantar penumpangnya sampai tujuan. Maka tidak berlebihan jika dikatakan kereta api adalah moda transportasi yang handal di masa mendatang.

Demikian artikel tentang beberapa stasiun di Bandung. Ingat lagu naik kereta api, memang tujuannya adalah Bandung. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

Leave a Reply