Bandung Diecast Community, Penggemar Replika Bukan Hobby Biasa

Bandung Diecast Community

Bandung Diecast Community | Foto : www.kaskus.co.id

Bandung Diecast Community (BDC) atau komunitas pecinta diecast adalah salah satu dari ratusan komunitas yang ada di Bandung. Komunitas ini adalah wadah pecinta replika yang identik dengan mobil mainan atau mainan anak-anak. Meski secara umum diecast tidak hanya mencakup mobil, namun juga pesawat dan moda transportasi lainnya.

Penggemar diecast di Bandung mulai marak di awal tahun 2000’an dan baru pada tahun 2002 Bandung Diecast Community terbentuk dengan anggota kurang dari 10 orang, anggota yang memang terbilang sangat sedikit untuk bisa disebut sebagai komunitas.

Namun demikian, salah satu pameran yang pernah diikuti pada tahun 2006  berhasil mengubah sejar. Sejak saat itulah anggota komunitas ini bertambah dari waktu ke waktu, anggota yang bahktan tak mengenal usia dan lokasi. Meski anggota yang resmi tercatat hingga saat ini belum terlalu banyak, namun keanggotaan di Facebook telah mencapai ribuan. sebuah pertanda bahwa penggemar diecast di negeri ini sangatlah banyak dan bisa menjadi potensi tersendiri jika dikelola dengan baik.

Bandung Diecast Community, Penggemar Replika Bukan Hobby Biasa

Koleksi Diecast Bukan Sekadar Hobby

Banyak orang yang beranggapan bahwa mengoleksi diecast hanyalah hobby yang berkaitan dengan memorabilia masa kecilnya. Pandangan tersebut sama sekali tak bisa disalahkan, sebab diecast memang identik dengan permainan anak. Namun, wajarkah jika diecast yang bisa berharga jutaan tersebut lantas begitu saja disebut sebagai permainan anak-anak?

Tentu saja tidak, sebab siapa pun, sekaya apa pun kiranya tak mungkin memainkan barang yang berharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Karenanya, diecast lebih mengarah pada barang-barang koleksi.

Harga Diecast

Pecinta diecast umumnya melakukan penggolongan harga berdasarkan bahan, produk yang berkaitan dengan detil dan produsen, lamanya waktu yang berkaitan dengan kelangkaan atau kelengkapan yang berkaitan dengan dus hingga label harga. Perangkat pengetahuan dalam menghasilkan harga tersebut mungkin akan terkesan aneh, namun di situlah letak keunikannya.

Dari sekian banyak diecast dan produsen diecast, pecinta diecast umumnya sepakat jika diecast Tomica adalah diecast yang memiliki harga paling mahal dibanding produk-produk lainnya. Hal itu sangat berkaitan dengan kualitas dan detil produk, di samping juga kelangkaannya. Sebagai contoh nyata adalah diecast Volks Wagen Combi dari Tomica dengan skala (1:118) bisa dihargai hingga lebih dari 30 juta. Harga yang sangat fantastis dan layak untuk menguatkan image bahwa diecast bukan hanya mainan biasa, namun sangat bisa dijadikan infestasi.

Itulah sekilas penjelasan mengenai Bandung Diecast Community yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.

Add Comment