Bandung BMX (BDGBMX), Mengubah Hobby menjadi Prestasi

Bandung BMX

Bandung BMX | Foto : bdgbmx.blogspot.com

Bandung BMX (BDGBMX)adalah komunitas anak muda Bandung yang memiliki kesamaan minat terhadap sepeda BMX. Seperti diketahui bahwa BMX bukan hanya sepeda yang bisa dijadikan kendaraan, tetapi sepeda yang bisa digunakan sebagai alat atraksi. Atraksi-atraksi bersepeda inilah yang kemudian dipelajari dan dikembangkan oleh anak-anak muda Bandung yang tergabung dalam komunitas BMX. Bahkan secara ekstrim, sepeda ini bisa dijadikan sebagai alat keselamatan untuk melalui tempat-tempat berbahaya. Semisal meloncati gedung, meloncati tebing, meloncati kendaraan dan sebagainya.

Bandung BMX (BDGBMX), Mengubah Hobby menjadi Prestasi

Sejarah

Komunitas BMX di Bandung sendiri sebenarnya bukan lagi hal baru, sebab komunitas serupa pernah marak di era 80’an hingga awal 90’an. Terbukti dari kemunculan beragam klub BMX di era tersebut. sayangnya, kemunculan klub BMX di era itu tak lepas dari pandangan negatif masyarakat (stigma). Stigma yang juga hadir seiring dengan maraknya geng-geng motor yang meresahkan dan juga vandalisme yang dilakukannya.

Di awal 90’an, komunitas atau klub BMX mulai berkurang seiring dengan kehadiran sepeda gunung (mounthain bike). Meski demikian, para pecinta BMX dan klub-klub BMX tidak menghilang sepenuhnya. Keberadaan dan kegiatannya yang dulu bersifat terbuka, mulai berubah menjadi kegiatan yang eksklusif atau hanya diketahui di kalangan penggemar dan anggota komunitas.

Setelah beberapa tahun kegiatannya dilakukan dalam ketertutupan, di awal millenium beberapa kelompok penggemar BMX berkumpul dan kembali berkegiatan di hadapan umum. Kegiatan yang dilakukannya adalah berkumpul dan latihan, hingga pada 30 Januari 2010, terbentuklan Bandung BMX (BDGBMX) yang menyatukan semua penggemar BMX di Bandung dalam satu wadah. Penyatuan ini bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan dalam kesamaan minat, sportivitas dan tentunya prestasi. Sebab komunitas ini menganggap bahwa prestasi adalah satu-satunya pemicu yang mendorong kegiatan ke arah yang lebih positif ketimbang hanya berkumpul, bermain dan berlatih.

Prestasi

Kendati pendiriannya masih terbilang muda, namun komunitas ini berhasil meraih beragam prestasi yang sangat menggembirakan. Bukan hanya di tingkat lokal dan nasional, tetapi hingga tingkat Asia. Buktinya adalah salah satu rider di komunitas ini berhasil masuk dalam peringkat 16 besar dalam kejuaraan Asian X Game di Shanghai China, hanya beberapa saat setelah pembentukan komunitas ini.

Bukan hanya itu, komunitas ini pun kerap membuat film-film pendek yang diunggah di Youtube sebagai role model kegiatan dan aksi-aksi freestyle sebagai bahan pembelajaran pecinta Bandung BMX lainnya. Jika ada kata-kata yang bisa menggambarkan komunitas ini tentu saja, Kreatif, Berani dan Berprestasi.

Add Comment