Asyiknya Wisata di Sekitaran Gedung Sate Bandung

5 Likes Comment

Apa saja wisata di sekitaran Gedung Sate Bandung? Bicara soal tempat wisata, sebenarnya Gedung Sate kerap dijadikan tujuan wisata bagi para pelancong asal luar kota. Apalagi, area sekitar Gedung Sate pasti ramai di waktu-waktu tertentu seperti pada malam Minggu atau Minggu pagi.

Asyiknya Wisata di Sekitaran Gedung Sate Bandung

Gedung Sate

Gedung Sate yang pada masa penjajahan Belanda disebut dengan Gouvernements Bedrijven ini sebenarnya adalah gedung pemerintahan Pemprov Jawa Barat. Disebut dengan Gedung Sate karena pada puncak bangunan gedung terdapat ornamen yang memang mirip dengan sate. Gedung bersejarah yang terletak di Jl.Diponegoro no.22 ini bisa diakses dengan cukup mudah, karena lokasinya memang berada di pusat Kota Bandung.

Gedung Sate dibangun pada tahun 1920 oleh tim perencanaan bangunan yang terdiri dari Ir.J.Gerber, Ir. Eh. De Roo, Ir. G. Hendriks, dan Gemeente van Bandoeng yang dipimpin oleh Kol. Pur. VL. Slors. Gedung Sate yang jadi kebanggaan warga Jawa Barat ini disebut-sebut sebagai bangunan dengan arsitektur paling indah di Indonesia, karena bangunan ini memadukan budaya barat dan timur.

Jalan-Jalan di Dekat Gedung Sate

Ada beberapa alternatif wisata di sekitaran Gedung Sate Bandung. Berikut contohnya:

  • Pasar Minggu Gasibu

Saat hari Minggu pagi, kita akan menemukan pasar di Lapangan Gasibu yang berada di depan Gedung Sate. Pasar yang hanya buka dari pukul 06.00 pagi hingga menjelang siang ini memang sangat ramai. Banyak pengunjung yang datang untuk berolahraga, berjalan-jalan, bersantai, sekaligus berbelanja dari para pedagang di pasar kaget tersebut.

Barang-barang yang dijual di pasar Gasibu ini bermacam-macam, mulai dari pakaian, alat elektronik, tas, hingga sepatu. Di sini kita juga akan menemukan banyak macam kuliner, terutama makanan khas Bandung seperti batagor, siomar, mie kocok, dll. Soal harga, Anda tidak perlu khawatir, karena harga barang atau makanan di sini relatif murah dan terjangkau.

  • Museum Geologi

Di dekat Gedung Sate juga ada Museum Geologi Bandung yang juga bisa jadi alternatif tempat rekreasi. Bangunan yang masih kental dengan arsitektur kolonial Belanda ini menyuguhkan wisata edukasi yang cocok dikunjungi keluarga maupun anak muda.
Kita bisa menemukan banyak informasi di sini, mulai dari tata surya hingga keadaan geologi Indonesia. Di museum ini kita juga dapat melihat-lihat fosil hewan-hewan maupun manusia purba, jenis-jenis batu yang ada di bumi, replika anjungan lepas pantai serta pertambangan, melihat sejarah pembentukan Danau Bandung, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa lokasi wisata di sekitaran Gedung Sate Bandung, Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berlibur ke Bandung.

You might like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *