Yuk Cari Tahu Alat Musik Khas Sunda Terbuat Dari Bambu!

Alat Musik Khas Sunda

Alat Musik Khas Sunda | Foto : www.wacananusantara.org

Alat musik khas Sunda terbuat dari bambu cukup beragam. Mulai yang dipukul sampai ditiup. Kerajinan pembuatan alat musik ini sampai kini masih dipertahankan. Bahkan salat musik sunda dipergunakan sebagai cindermata untuk wisatawan. Paling dikenal di antara alat musik sunda adalah angklung.

Yuk Cari Tahu Alat Musik Khas Sunda Terbuat Dari Bambu!

Alat Musik Dari Bambu

Musik adalah bagian yang tidak terpisahkan dari peradaban manusia. Setiap budaya memiliki kesenian musik. Mulai dari yang sederhana hanya genderang sampai yang kompleks terdiri atas banyak alat musik. Di sunda juga berkembang kesenian musik. Uniknya alat musiknya banyak yang terbuat dari bambu. Sebenarnya di sunda juga ada gamelan seperti kesenian jawa lainnya, namun nilai kekhasannya tidak begitu mendalam.

Orkestra musik khas sunda yang hanya terdiri bambu-bambuan, umumnya akan memberikan efek yang menenangkan. Hal tersebut bila didukung dengan keadaan sekitar yang asri, akan semakin mengasyikkan. Hal inilah yang menjadi daya tawar di saung mang udjo.

Alat musik khas Sunda yang terbuat dari bambu, di antaranya:

1. Angklung

Alat Musik Angklung

Alat Musik Angklung | Foto : pendidikanmuzikkbsm.blogspot.com

Angklung sudah terkenal sebagai alat musik tradisional sunda. Bahkan UNESCO telah mengesahkannya sebagai alat musik asli Indonesia. Alat ini terdiri dari beberapa bambu kecil yang dijadikan satu. Masing-masing diatur sedemikian rupa sehingga menghasilkan nada pentatonis. Untuk memainkannya perlu teknik tertentu dan tentunya latihan.

2. Calung

Calung bentuknya lebih besar dari angklung. Cara memainkannya dengan dipukul dan penataannya mirip dengan alat musik kulintang. Bambu yang dipergunakan adalah bambu besar.

3. Seruling Sunda

Seruling Sunda

Seruling Sunda | Foto : en.wikipedia.org

Alat musik ini berbeda dengan seruling pada umumnya. Meski bentuk dasarnya sama, suara yang dihasilkan khas musik sunda. Sebagaimana bentuk seruling pada umumnya, bambu yang dipergunakan adalah jenis bambu kecil.

4. Karinding

Alat musik ini tidak lagi menggunakan batang bambu, namun menggunakan pelepahnya. Cara memainkannya dengan ditaruh mulut kemudian dipukul-pukul atau ditarik senar. Alat musik ini termasuk paling tua di Indonesia. Diperkirakan telah dimainkan sejak jaman purba. Selain di sunda alat musik ini juga dikenal di Bali.

5. Kunclung

Alat musik ini juga terbuat dari bambu, dengan ukuran 50 cm sampai 2500 cm. Ukuran yang variatif tersebut dimaksudkan untuk menghasilkan beragam bunyi. Tidak seperti angklung, pembuatan alat musik ini agak rumit, sebab harus mencari bambu yang buku-nya jarang.

Ternyata memang sunda identik dengan bambu. Demikian ulasan Alat Musik Khas Sunda Terbuat Dari Bambu. Semoga menambah wawasan.

Add Comment