8 Jajanan Ringan yang Lezat dan Khas Bandung

Misro, Jajanan Ringan Di Bandung

Misro, Jajanan Ringan Di Bandung | Foto : istananegeriku.wordpress.com

Bandung merupakan tempat yang cocok untuk berwisata kuliner. Berbagai jenis makanan bisa kita temui di pelosok Bandung. Selain makanan berat, Bandung juga merupakan tempat yang tempat untuk menikmati jajanan ringan. Jajanan ringan khas Bandung tersedia dengan cita rasa yang menggugah selera. Berikut ini delapan makanan dan minuman ringan khas Bandung yang perlu Anda cicipi :

8 Jajanan Ringan yang Lezat dan Khas Bandung

1. Comro

Comro Bandung

Comro Bandung | Foto : bandung.panduanwisata.com

Makanan ini terbuat dari parutan singkong yang dibentuk lonjong  membulat dan diisi dengan sambal oncom lalu digoreng. Karena diisi oncom itulah maka makanan ini diberi nama comro. Comro merupakan kependekan dari oncom di jero (di dalam). Makanan yang nikmat disantap saat hangat ini banyak dijual di berbagai penjual gorengan di Kota Bandung.

2. Misro

Misro merupakan saudara dari Comro. Misro merupakan kependekan dari amis (manis) di jero (di dalam). Misro terbuat juga dari parutan singkong disi gula merah yang kemudian digoreng. Misro biasanya dijual bersama dengan comro di berbagai penjual gorengan.

3. Cendol

Cendol Bandung

Cendol Bandung | Foto : ceritaperut.com

Jajanan ringan selanjutnya adalah cendol. Cendol merupakan minuman manis khas Sunda. Minuman ini terbuat dari tepung beras dan disajikan dengan gula merah cair, es batu atau serut, serta santan. Minuman ini berasa manis dan gurih. Minuman ini mirip dengan dawet di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Cendol yang dibuat dari tepung beras ini biasanya diber warna hijau. Warna ini dibuat dari pewarna alami yang seringkali adalah daun pandan. Minuman dingin ini banyak dijumpai di Bandung dan nikmat diminum di siang hari yang panas.

4. Surabi

Surabi merupakan makanan yang terbuat dari tepung beras dan dibakar sehingga menyerupai pancake. Surabi di Bandung biasa diisi dengan berbagai bahan seperti buah-buahan, oncom, hingga sosis. Surabi bisa disajikan dengan topping yang manis. Surabi Bandung yang ada nuansa rasa asin ini sedikit berbeda dengan surabi Jawa Tengah yang biasanya berasa manis.

5. Colenak

Colenak merupakan kependekan dari dicocol enak. Makanan ini terbuat dari peuyeum (sejenis tape singkong) yang dibakar. Colenak disajukan dengan parutan gula merah dan kelapa. Makanan ini masih banyak dijual terutama di kawasan utara Bandung. Colenak sekarang banyak diberi variasi topping seperti keju atau cokelat.

6. Peuyeum

Peuyeum bandung

Peuyeum bandung | Foto : bisnisukm.com

Peuyeum merupakan makanan fermentasi dari singkong yang menjadi jajanan ringan khas Bandung. Peuyeum merupakan tape singkong yang kering dan sering dijadikan campuran minuman dingin atau sebagai bahan makanan lain seperti colenak. Peuyeum juga lezat disantap langsung tanpa campuran apapun.

7. Cireng

Cireng merupakan singkatan dari aci digoreng. Makanan ini terbuat dari tepung kanji (aci) yang digorerng. Cireng sekarang ini banyak diisi dengan bahan lain seperti keju atau sosis dan dinamakan dengan cireng isi. Cireng banyak dijual di penjual gorengan di Kota Bandung. Selain cireng, olahan dari aci lainnya yang banyak dijual di Kota Bandung adalah cilok (aci dicolok).

8. Bajigur

Minuman hangat ini terbuat dari gula aren dan santan. Minuman ini biasanya dijual bersama hidangan makanan ringan lain seperti pisang, ubi, dan kacang rebus. Bajigur cocok diminum saat cuaca dingin atau saat hujan turun mengguyur Bandung.

Itulah delapan jajanan ringan khas Bandung yang wajib Anda nikmati. Tidak seperti makanan tradisional lainnya yang jarang ditemui, jajanan-jajanan ini masih banyak dijual di jalanan Kota Bandung.

Leave a Reply